ARTIKEL TERBARU

Aplikasi Rumus Excel (3) lanjutan penggunaan fungsi Hlookup dan penggunaan True/false

Assalamualaikum wr wb. Selamat Pagi sobat...tetap semangat yaa,,

Oh ya, kali ini saya ingin melanjutkan fungsi Vlookup dan Hlookup. Well, saya ingin ingat waktu itu sempat teman yang tanya gimana sih fungsi Hlookup?. Jadi sekalian aja sekalian jelaskan perihal penggunaan fungsi rumus vlookup dan hlookup =range_lookup yaitu antara true dan false (lihat postingan saya sebelumnya Vlookup dan Hlookup). 

Seperti sudah saya jelaskan sebelumnya, penggunaan aplikasi Hlookup itu sama dengan Vlookup, hanya saja tabel sebagai sumber data yang diketahui itu berbentuk Horizontal.
Berikut contoh soal yang sama dengan Vlookup agar lebih mudah untuk dipahami.


Nah sudah jelaskan. penggunaan Hlookup sama dengan Vlookup? Kita lihat range tabel (ptkp) bentuk horizontal diatas  ada 2 baris sehingga penggunaan fungsi rumus = Hlookup(E11,ptkp,2) selanjutnya tinggal dicopy kebawah. 

Catatan yang harus diingat adalah selalu mengurutkan kunci pembanding secara acending dari terkecil sd terbesar. Jika tidak diurutkan, hasil yang didapat tidak benar. 

Sobat, mudahan sampai disini sudah faham yah bagaimana menggunakan fungsi Hlookup dan Vlookup.
Contoh soalnya tidak terpaku hanya soal pajak saja. lainnya bisa. Seperti contoh penggunaan rumus H/Vlookup yaitu True/False.

FALSE   digunakan jika data yang dihasilkan sudah pasti tepat/ada. Jadi penggunaan false ini dapat diabaikan/tidak digunakan. Contohnya rumus diatas  Hlookupnya =(E11,ptkp,2) tapi jika anda ingin gunakan juga tidak apa contoh Hlookupnya =(E11,ptkp,2,false) hasil yang didapat sama.

TRUE   digunakan jika data yang dihasilkan tidak ada di kunci pembanding. Nah Jika anda ingin mengetahui hasil yang mendekati dari data yang ada pada kunci pembanding maka rumus ini dapat digunakan. contoh penggunaan TRUE :



Dari contoh diatas, NIlai 85 tidak ada di daftar kunci (yang ada 10, 50, 70, 90). Nah untuk contoh kasus seperti ini fungsi TRUE dapat anda tambahkan pada rumus Vlookup/Hlookup guna mengetahui prestasi calon karyawan. Contoh penggunaan rumus diatas =Vlookup (G20,IPK,2,TRUE).

Demikian postingan saya perihal bagaimana menggunakan fungsi rumus Vlookup dan Hlookup. Semoga dapat bermanfaat. 

Perihal fungsi rumus Excel selanjutnya...ditunggu aja...

0 komentar:

Mohon dalam memberikan komentar, sebaiknya;
1. Sesuai dengan topik yang dibicarakan
2. Tidak berkata yang kasar
3. Tidak saling mengejek komentar lain
4. Harap sangat tidak mengirimkan spam

Terima kasih.

Salam

follow terus yaa...

www.gaulpajak.blogspot.com